Kamis, 25 Desember 2008

e-recruitment

Sebelum membahas lebih mendalam tentang e-recruitment, ada baiknya kita memahami filosofi dasar teknologi informasi itu sendiri. Pada dasarnya ada dua (2) manfaat besar yang akan diperoleh dari teknologi informasi, yaitu, (a) effisiensi dan (b) effektifitas (competitiveness). Di samping itu, teknologi informasi akan menyebabkan barrier ruang, waktu, birokrasi menjadi tumbang – system menjadi lebih datar / flat; salah satu konsekuensi yang akan berdampak pada e-recruitment adalah proses acknowledgement / sertifikasi / peer review / referee.



Sistem apapun yang akan dibangun secara online akan sangat dipengaruhi oleh paradigma berfikir designer-nya. Tentunya paradigma ini kemungkinan akan berkembang / berubah dengan waktu, karena pengalaman di lapangan. Jika kita mengejar effisiensi proses link & match, maka kemungkinan yang akan kita bangun sebuah sistem (biasanya berbasis database) yang memungkinkan kemudahan proses submission resume / cv, proses submission adanya lowongan kerja, serta search bagi pencari kerja & pemberi kerja dengan kriteria tertentu yang digunakan sebagai parameter. Contoh kriteria dalam proses searching misalnya tingkat pendidikan, pengalaman kerja, penguasaan skill / pengalaman yang spesifik, riwayat gaji, referee, aktifitas organisasi profesional & kemampuan bahasa asing. Beberapa situs pencari kerja yang mungkin lebih berbasis untuk mengejar effisiensi seperti http://www.karir.com, http://www.lowongan.net.

Tentunya hanya mengandalkan mekanisme database dari situs-situs tersebut pasti akan sulit menjamin kecocokan akan kemampuan si pencari kerja tersebut. Biasanya kita akan menelepon / menanyakan referensi ke tempat / rekan kerja yang lama tentang performance ybs. Mekanisme peer review, community acknowledgement, industrial certificate menjadi penting sekali untuk di masukan dalam mekanisme e-recruitment karena mekanisme ini yang nantinya akan lebih meyakinkan baik ke tenaga ahli (skilled worker) & pemberi kerja. Sebetulnya, proses review juga berlaku bukan hanya untuk pencari kerja, tapi juga pemberi kerja – portfolio perusahaan menjadi penting untuk di lihat oleh pencari kerja. Pada akhirnya proses link & match antara pencari kerja dan pemberi kerja menjadi sebuah proses win-win yang sejajar saling membutuhkan; tidak timpang lebih rendah ke arah skilled worker.

Tentunya hanya effisiensi saja tidak cukup dalam proses e-recruitment, seseorang pasti akan ingin maju dalam karir-nya. Alangkah indahnya jika proses e-recruitment pada akhirnya dapat di integrasi secara baik dengan proses pematangan skill seseorang. Hal ini tampak jelas pada komunitas vertikal seperti http://www.verticalnet.com yang membangun banyak komunitas vertikal dari berbagai bidang yang relatif spesifik, beberapa diantaranya dapat dilihat pada daftar berikut.

• Bidang Komunikasi:
o Digital Broadcasting.com
o Fiber Optics Online
o Photonics Online
o Premises Networks.com
o RF Globalnet
o Wireless Design Online
o Wireless Networks Online

• Bidang Energi:
o ElectricNet
o Hydrocarbon Online
o Oil and Gas Online
o Power Online

• Lingkungan Hidup:
o Pollution Online
o Public Works.com
o Safety Online
o Solid Waste.com
o Water Online

• Jasa Keuangan:
o Property and Casualty.com

• Food/Packaging
o Bakery Online
o Beverage Online
o Dairy Network.com
o Food Ingredients Online
o Food Online
o Meat and Poultry Online
o Packaging Network.com

• Foodservice/Hospitality
o E-Hospitality.com
o Foodservice Central.com
o Grocery Central.com

• Kesehatan:
o E-Dental.com
o Home Health Provider.com
o Hospital Network.com
o Long Term Care Provider.com
o Nurses.com

• Teknologi Tinggi:
o ElectronicsWeb
o Embedded Technology.com
o Medical Design Online
o Semiconductor Online
o Test and Measurement.com

• Industri:
o EC Online

• Industri Manufakturing:
o Aerospace Online
o Auto Central.com
o Machine Tools Online
o Metrology World.com
o Plant Automation.com
o Surface Finishing.com
o Tooling Online

• Proses Manufakturing:
o Adhesives and Sealants.com
o Chemical Online
o Pharmaceutical Online
o Pulp & Paper Online
o TextileWeb

• Ilmu Pengetahuan:
o Bioresearch Online
o Drug Discovery Online
o Laboratory Network.com

• Jasa:
o HR Hub.com
o Logistics Online
o Purchasing Network.com

Dalam komunitas vertikal ini, terjadi interaksi baik secara vertikal antara vendor / industri hilir & hulu maupun horizontal termasuk forum-forum untuk continuing education para skilled worker.

Dari sisi keilmuan menjadi sangat menguntungkan bagi seseorang untuk bergabung dalam komunitas vertikal ini karena semua vendor berlomba-lomba memberikan informasinya kepada anggota komunitas vertikal agar produknya dipakai oleh para skilled worker di tempat kerjanya. Tentunya ilmu yang melimpah ini menjadi sangat baik untuk membuka wawasan para pekerja ini. Di samping itu, keberadaan forum-forum diskusi di komunitas vertikal secara tersamar dapat menjadi medan untuk peer review seseorang yang akhirnya mengarah pada acknowledgement & pengakuan akan ke ahlian seseorang.

Tentunya konsep yang lebih kompleks lagi untuk mengembangkan wawasan seseorang adalah knowledge management yang akan sangat powerfull jika di integrasikan dengan proses pendidikan jarak jauh & e-recruitment yang pada akhirnya memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang untuk memperoleh kesempatan kerja, pengetahuan & informasi.

"Onno W. Purbo"

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates