Minggu, 21 Desember 2008

Pola Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah

Usaha Kecil Menengah (UKM) barangkali merupakan salah satu andalan utama bagi ketahanan ekonomi sebuah negara. Terbukti di masa krisis dengan bertumbangan banyak usaha konglomerasi yang dililit hutang luar negeri, usaha kecil menengah terutama yang berorientasi eksport justru meraup keuntungan yang luar biasa. Sebagian lagi survive dengan berbagai cara karena kecilnya investasi & modal yang berputar.

Pemberdayaan usaha kecil menengah ini mungkin akan menjadi kunci utama supaya kemungkinan survive negeri ini menjadi lebih tinggi. Bahkan bukan mustahil memberdayakan para jebolan pegawai negeri yang departemennya di likuidasi untuk menjadi usahawan kecil & menengah. Dengan Internet sebetulnya proses pemberdayaan tersebut menjadi sangat menakjubkan, dengan biaya yang kecil (sedikit) proses pemberdayaan UKM dapat dilakukan untuk banyak usahawan.



Contoh pola pemberdayaan UKM yang saya lihat menarik dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat di Departemen Small Businesss Administration pada situs Web http://www.sba.gov/.

Departemen Small Bisnis Administation kira-kira sama dengan Departemen Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah yang ada di Indonesia. Hanya saja tampaknya agak berbeda jauh dari sisi strategi & keseriusan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan yang dilakukan oleh Depkop. Jika kita nanti memperhatikan dengan seksama pola yang digunakan oleh Amerika Serikat tidaklah mengherankan jika usaha kecil mereka menjadi maju, karena betul-betul di berdayakan oleh pemerintahnya.



Tampak pada gambar adalah tampilan situs Web http://www.sba.gov/. Jika anda melakukan surfing ke dalam situs tersebut, saya berani menjadi bahwa anda akan terkagum-kagum oleh demikian niatnya SBA di US ini memberdayakan UKM-nya. Pola pemberdayaan sangat kental sekali, fungsi regulator betul-betul terasa untuk melindungi si UKM. Di antara sekian banyak fasilitas yang ada – ada beberapa fasilitas utama yang saya pikir akan sangat menarik jika di sediakan untuk UKM kita di Indonesia.



Perpustakaan barangkali yang bagian yang menarik di SBA. Di Perpustakaan di sediakan dalam bentuk softcopy berbagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan (Frequently Asked Questions – FAQ), berbagai formulir yang dibutuhkan oleh para pengusaha, berbagai peraturan & perundangan yang berkaitan bagi UKM, berbagai catatan, berbagai statistik yang berkaitan dengan usaha yang mungkin dibutuhkan bagi sebuah UKM untuk berkembang.

Bagian starting merupakan bagian yang akan sangat menarik bagi sebagian besar UKM pemula, template bisnis plan yang lengkap sekali bagi sebuah UKM sampai detail perhitungan maupun proposal lengkapnya sehingga sebuah UKM dapat melakukan perhitungan di awal tentang kemungkin survive-nya ke depan. Bahkan berbagai perangkat lunak yang dibutuhkan untuk misalnya accounting, dll dll tersedia secara cuma-cuma untuk di download dari situs SBA ini agar sebuah UKM dapat dengan mudah menjalankan usahanya.

Bagi UKM yang membutuhkan financing / pendanaan juga di sediakan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk pendanaan tersebut secara terbuka. Berbagai persyaratan yang perlu disiapkan di jelaskan.

Transparansi yang sangat terbuka dari segala hal tampak sekali dilakukan oleh SBA di US. Kunci utama-nya sebetulnya kebiasaan untuk menyebarkan segala informasi yang ada secara terbuka ke masyarakat. Semoga saja pemerintah Indonesia dapat melakukan transparansi yang dibutuhkan bagi UKM di Indonesia. Alangkah indahnya hidup kita di Indonesia jika transparansi informasi dapat dilakukan sehingga tidak ada lagi bisnis spekulasi di Indonesia.

"Onno W. Purbo"

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates