Jumat, 19 Desember 2008

Fasilitas mata-mata link Web

Di dunia usaha di Internet menggunakan strategi saling bertukar link merupakan strategi yang paling sederhana & murah untuk memperluas ruang lingkup audience. Dengan cara saling bertukar link maka jumlah pembaca dapat di naikan jumlahnya dengan cara yang mudah & murah hanya karena ada kesepakatan antar situs untuk saling bertukar link. Memang ada resikonya yaitu sebagian potensial pembaca situs Web kita akan lari ke situs lain, ya masalah tsb adalah tinggal masalah kemampuan masing-masing Webmaster untuk menggunakan berbagai strategi untuk mencari pembaca yang loyal.



Tentunya bagi situs yang cukup kaya & populer proses pertukaran link ini menjadi tidak balance. Artinya kadang kala kita harus membayar situs Web tsb untuk mau memasangkan link & URL (Universal Resource Locator) kita di mereka. Dalam bahasa sederhananya, kita harus membayar iklan ke situs Web yang favourit ini supaya sebagian pembaca mereka mau menengok situs Web yang kita miliki. Bagi situs-situs yang masih belum kaya / favourit maka proses itu terjadi dengan cara yang lebih sederhana hanya berupa kesepakatan saja dan sifatnya barter.

Tentunya ada beberapa resiko yang harus di tanggung dengan melakukan barter link ini, seperti nama kita bisa terbawa buruk kalau situs link kita ternyata melakukan hal-hal yang buruk. Hal lain yang mungkin terjadi adalah jika situs mitra kita ternyata tidak jujur dan tidak mencantumkan URL (Universal Resource Locator) dari situs kita di tempat mereka padahal kita sudah dengan hati besar mencantumkan URL mereka di tempat kita. Tentunya cara yang paling sederhana untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang baik ini adalah dengan mencheck situs mitra kita tersebut secara periodik.

Cara paling sederhana untuk mencheck secara periodik tanpa perlu kita bersusah payah secara manual melakukan checking adalah meminta bantuan ke link-spy.com (http://www.link-spy.com) yang akan melakukan tugas rahasia mencheck link ini atas nama anda. Servis ini akan bekerja secara rahasia dalam mode bawah tanah, memonitor dan memverifikasi apakah perjanjian kerjasama untuk barter link di penuhi. Untuk webmaster yang bandel akan dikirimkan e-mail yang sudah di set untuk mengingatkan mereka untuk melakukan servis reciprocal tersebut.

Cara untuk mendapatkan servis tersebut cukup sederhana – sign up ke servis tersebut, masukan 10 URL yang harus melakukan barter link ke tempat anda di sertai e-mail address webmaster-nya untuk memfollow-up kalau-kalau mereka bandel, selanjutnya servis ini yang akan menhandel. Setiap kali anda memberikan referensi tentang link-spy.com ini ke orang lain maka anda akan memperoleh tiga (3) tambahan URL record yang bisa di track.

Servis ini karena sifatnya automatis maka akan membebaskan kita untuk mencheck barter link yang kita lakukan selama ini. Dengan cara ini kita bisa mengkonsentrasikan diri pada hal-hal lain yang sifatnya lebih positif.

"Onno W. Purbo"

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates